Penyakit Nyeri Pinggang

Penyakit nyeri pinggang banyak menjadi keluhan masyarakat. Pada umumnya keluhan dari penyakit ini muncul saat anda melakukan aktivitas fisik, misalnya duduk yang terlalu lama atau mengangkat beban berat dalam posisi yang salah. Memang hampir 80% penduduk diseluruh dunia pernah mengalami sakit ini. Sayangnya nyeri pinggang banyak diabaikan karena dianggap gangguan kecil yang bisa hilang tanpa pengobatan. Padahal jika dibiarkan nyeri pinggang bisa berdampak serius yaitu pembengkokan tulang belakang hingga perlu tindakan operasi.

Penyakit Nyeri Pinggang

Penyakit Nyeri Pinggang

Penyakit nyeri pinggang biasa, bisa diatasi dengan terapi obat dan olahraga , seperti pilates, yoga, dan lain sebagainya. Hanya saja jika sakit pinggang anda sudah parah, nyeri pinggang memang harus ditangani dengan cara operasi. Saat ini, operasi atau tindakan bedah dengan metode minimal invasive melalui Micro disectomy per Endoscopy (MDE) sedang berkembang pesat dan banyak disenangi pasien karena minim resiko dan proses penyembuhannya sangat cepat.

Banyak orang tidak menanggapi nyeri pinggang secara serius karena di asosiasikan dengan nyeri akibat melakukan aktivitas sehari-hari  dan akan hilang dalam waktu tertentu. Padahal nyeri pinggang bisa berakibat serius jika tidak ditangani dengan benar.

Penyebab Penyakit Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang ini biasanya di picu oleh aktivitas fisik anda yang terlalu berlebihan, seperti melakukan pekerjaan berat atau salah posisi. Selain itu, nyeri pada pinggang biasanya terjadi karena anda jarang melakukan olahraga, obesitas atau kelebihan berat badan, dan gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menyebabkan nyeri pinggang terbagi atas dua, yaitu akut dan kronik.

Nyeri pinggang akut biasanya rentan terjadi didaerah lumbal yaitu bagian bawah punggung yang terdiri atas  lima tulang kecil (vertebrata). Daeah tersebut paling elastis dan menyangga berat badan atas manusia, serta beban yang berasal dari benda yang dibawa seseorang. Nyeri pinggang akut biasanya kurang dari enam minggu dan disebabkan oleh cidera saat berolahraga, melakukan aktivitas sehari-hari atau mengangkat benda yang berat.

Sementara nyeri pinggang kronik biasanya rentan terjadi didaerah non lumbal. Nyeri pinggang ini patut mendapat perhatian serius karena kemungkinan terkait dengan suatu penyakit seperti radang, usus, ginjal, infeksi, tumor, dan osteoporosis, bahkan bisa kena kanker. Nyeri pinggang kronik biasanya berlangsung lebih dari 2 bulan dan rasa nyerinya sering meningkat seiring waktu.

Pengobatan Penyakit Nyeri Pinggang

– Penyakit nyeri pinggang dapat anda atasi dengan terapi. Terapi yang mungkin dapat anda gunakan salah satunya adalah dengan terapi panas dan dingin. Terapi ini dilakukan dengan mandi air panas atau menempelkan botol yang berisi air panas ke daerah pinggang anda yang merasakan sakit yang mungkin dapat membantu anda untuk meringankan rasa sakit pada pinggang. Selain itu kompres dingin juga dapat anda lakukan untuk meringingankan rasa sakit pada pinggang anda dan menjadi obat sakit pinggang, seperti menggunakan kompres es atau kantung tebal bersisi es batu. Namun jangan menaruh langsung es batu pada kulit anda karena akan menyebabkan luka bakar dingin pada kulit anda.

– Meredakan penyakit nyeri pinggang dapat dilakukan dengan cara terapi pijat tubuh. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa pijat mingguan selama periode 10 minggu, sangat berguna untuk mengurangi sakit pinggang yang anda rasakan dan meningkatkan fungsional pada penderita sakit pinggang kronis. Manfaat dari pemijatan tubuh ini adalah berlangsung sekitar enam bulan, tetapi akan berkurang setelah satu tahun kedepan. Pendekatan langsung lainnya adalah manipulasi tulang belakang, yang dilakukan oleh spesialis berlisensi. Pengobatan ini termasuk latihan-latihan yang berbeda untuk menyesuaikan tulang belakang dan mengembalikan mobilitas yang hilang.

– Pengobatan penyakit nyeri pinggang dengan Jahe merah. Jahe merah adalah salah satu jenis obat sakit pinggang tradisional yang memiliki kandungan senyawa kimia yang berkhasiat, seperti zingeron, gingerol. Dan shogaol. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan obat sakit pinggang adalah tentunya dengan 25 gram jahe merah segar, 25 gram temulawak hitam, 30 gram daun dewa, 30 gram akar sawi langit, dan 600 ml air. Caranya yaitu, bersihkan semua bahan yang sudah disediakan dan kemudian campurkan menjadi satu wajah. Rebus ke dalam 600 ml air, tunggu hingga mendidih dan air ramusan tersebut tersisa setengahnya. Angkat ramuan jahe merah tersebut lalu saring airnya dan minum airnya secara teratur hingga penyakit nyeri pinggang anda membaik.

– Dapat juga melakukan pengobatan sakit pinggang dengan daun dewa. Daun ini memiliki kandungan minyak atsiri, saponin dan juga senyawa flavonoid. Bahan-bahan yang digunakan untuk mengolah ramuan ini adalah 30 gram daun dewa, 25 gram daun baru china, 30 gram temulawak, dan 500 ml air. Cuci semua bahan hinnga bersih dan rebus campuran ramuan tadi setelah dibersihkan ke dalam 500 ml air. Tunggu hingga mendidih dan biarkan airnya surut hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring, dan minum ramuan selagi hangat.

Untuk anda yang mendarita penyakit nyeri pinggang dapat mencoba pengobatan diatas untuk mengurangi gejala sakit pada pinggang yang anda rasakan. Pengobatan yang dilakukan dengan cara tradisional biasanya akan lebih baik dibandingkan dengan pengobatan menggunakan bahan kimia yang sangat bermanfaat untuk sakit pinggang anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih

Penyakit Nyeri Pinggang


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Sakit Pinggang dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Sakit PInggang and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>